Kamis, 19 September 2013

part1#sebuah penantian...

18-21 januari 2013
Bismillah..

Setelah penantian yang cukup lama, akhirnya hari ini datang juga. Hari yang ku nanti, bukan hanya diriku tapi kami semua, keluarga besar Ukki Ions. Dan lebih tepatnya malam nanti, saudara-saudara yang jauh dimato akan segera tiba di kota kecil ini, Jember. Hmm.. kalian penasaran dengan mereka? Ah, aku pun begitu. Pengalaman pertama..

Tak kenal maka tak sayang, begitu pepatah mengatakan. Baiklah, akan ku ceritaka sedikit asal usul saudara-saudara kami ini. Mereka berasal dari berbagai penjuru, berkumpul dan dipertemukan dengan tujuan yang sama yaitu menuntut ilmu. Di kota Gudeg, Yogyakarta. Mereka dari Universitas Yogyakarta (UNY) dan Universitas Gaja Madah (UGM). Mungkin ada yang bertanya-tanya, kok bisa kenal? Takdir. hehe. Sekenario Allah :). Kami tergabung dalam organisasi Jaringan Rohis Mipa Nasional (JRMN). Masih penasaran? nanti ku ceritakan di belakang ye.. :p

Mentari berjalan berganti malam. Sedih tak bisa menjemput langsung di stasiun karena keadaanku yang tak memungkinkan, "harus banyak istirahat" begitu kata dokter. Menyebalkan. Selesai minum permen warna-warni itu, aku pun terlelap.

Hingga samar-samar terdengar beberapa orang yang sedang asik bercerita. Saking asiknya, tak menyadari bahwa suaranya membuat orang terjaga dari dunia mimpi T.T hiks. Ingin kembali keperaduan, namun angin malam menyentuhku tanpa diminta. Dingin, bbbrrr.. Dengan rasa malas aku pun menghampiri asal suara itu..

"Siapa mereka? Apa mereka.." kata suara hati kecilku. cepat-cepat ku kembali ke kamar, mencari sebuah jilbab dan langsung menemuinya. Dari sini lah, persaudaraan itu bermula. Tiga akhwat tangguh; Fitri, Yuli dan Reni. Kudengar dari mereka, esok akan ada dua akhwat lagi yang menyusul ke tempat kami. Senangnyaa.. Beberapa saat kemudian, ku tatap wajah mereka satu persatu tampak letih. Ku tegok jam sudah menunjukkan tengah malam. Aku pun mempersilahkan mereka istirahat. 

Dan kalian tau? perjuangan akan segera dimulai! Yup, berhubung kami memiliki koki yang handal :D jadi kami pun memasak sendiri. Memanfaatkan yang ada *eh?.. Perkenalkan, koki kami adalah Mbk Iim. Untungnya, tak hanya hobby makan, masak pun bisa :D dan masakannya pun oke. hehe.. v^^.

Sang fajar begitu cepat datang menyambut pagi. Agrrr.. menu masakan belum semua selesai, namun kami bisa mengatasinya. Alhamdulillah. Mentari tanpa malu-malu memberikan kehangatannya. Berharap kehangatan persaudaraan kami, sehangat mentari pagi ini. Tepat pukul enam pagi, mbk iim mengajak mereka berkeliling mengitari kampus dan sejam kemudia kembali..

Setelah bersih diri, kami bergegas ke Masji Baitul Ilmi (Mabail) Fmipa. Saatnya sarapan pagi.. Meski sarapan dengan apa adanya, namun terasa nikmat ketika bersama-sama. Bukankah begitu? Setelah ini, kalian akan bersenang-senang melihat indahnya kota Jember dan aku lagi-lagi hanya bisa melihat dari kejauhan. Nikmatilah meski tak ada aku bersamamu, nanti ceritakan apa yang kau dapatkan ;) oke..

Malam hari, kami lewati dengan berbagi cerita. Tak membutuhkan waktu lama untuk membuat hati kami menyatu. uhuk uhukk.. Gelak tawa kami terdengar disegala punjuru kamar.. Heboh! seolah-olah Pasar Tanjung pindah ke kosan ini --', Al-Izzah.

Pagi kembali menyapa. Karena semalam hujan lebat dan akhirnya sarapan pagi menjadi makan siang. Heuh.. maafkan kami yang tanpa sengaja telah menzolimi perut kalian. hiks. Para akhwat pagi itu pergi menghadiri kajian IKADI di kota, ditemani mbk Laila. Untuk sekian kalinya aku tak bisa menemani kalian. Sekitar jam sembilan, mereka kembali kemudian berkumpul di Mabail.

Dari arah barat serambi kamar, datang seorang akhwat. "Ini kah akhwat yang menyusul itu?" bisik suara hati. Sambil mengupas kentang untuk bahan sop, mata tetap tertuju padanya. Terlihat tomboy, namun wajahnya teduh menggambarkan kedewasaan. "Sepertinya ada sesuatu dengan akhwat satu ini" kembali suara hati ini berbicara.

Berkenalan dengannya. Ia pun membantuku. Tak lama kemudian, aku memintanya untuk berkumpul bersama yang lain di Mabail. Agenda hari ini adalah perkenalan JRMN. Afwan jiddan, entah ini yang keberapa kalinya, kami (akhwat Ions) pagi ini tak bisa menemani kalian karena *titt.. sensor.

Langit mulai memerah. Tandanya senja segera datang. Hingga langit berganti berwarna gelap. Malam menjadi saksi biksu, bahwa kami pernah makan bersama di tempat itu. Mie jamur, salah satu makanan yang diminati mahasiswa maupun masyarakat sekitar.

Kalian tau? Aku masih mengingat perkataan itu..
"Kau tau mbk? Kami tak ingin apa-apa, kami hanya ingin bersamamu"
Ah, kalian ini.. membuat hatiku meleleh :'D

Dinginnya pagi tak menyurutkan langkah kaki tuk membasuhi wajah dengan air wudhu'. Lantunan ayat-ayat Al-qur'an terdengar sangat jelas di dalam Musholah kos. Hatiku tenang mendengarkannya dan hari ini, untuk pertama kalinya akan pergi jaulah atau berkunjung ke Universitas Air Langga (UNAIR) bersamanya, bersama mereka..

Waktu yang singkat membuat kami semakin dekat. Orang bilang, "Kalian seperti sudah kenal lama". Benarkah? Mungkin, hatiku, hati kami dan hati mereka telah terikat oleh kata "Ukhuwah". Dan potongan episodeku dengan kalian, akan selalu kuingat. Jika perlu, akan ku letakkan di ruang hatiku :D hehe.. 

Thanks for you, telah berkunjung dan bersedia ketempat kami..
Afwan jiddan, apabila kami kurang menyambut kalian dengan sepenuh hati :')..
Dan kami disini, masih memiliki hutang kepada kalian..
Yah! berkunjung ketempat kalian.
Berharap tahun ini, bisa kesana..
Jangan Bosan, menanti kami..

kamis, 19 september 2013.
cerita lama, namun masih membekas dihatiku.

Foto kenangan di Mabail

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tinggalkan jejakmu disini :)~~